Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang

Seminar Nasional

Author : Administrator | Sabtu, 14 April 2012 13:42 WIB
Gambar 1. Dr. Kurtubi (dari kanan) memaparkan analisanya mengenai kenaikan BBM

 

IESP FEB UMM – Rencana pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) rupanya terus menjadi bahan diskusi yang menarik. Ini terlihat dari berbagai forum diskusi di media televisi, koran dan media lainnya. Diskusi analisis kenaikan BBM juga dilakukan oleh jurusan IESP dengan mengadakan seminar nasional yang bekerjasama dengan BEM-U UMM dengan judul "Analisa dan Dampak Kenaikan BBM", Kamis (22/3). Acara seminar ini diikuti ratusan mahasiswa penempuh mata kuliah Perekonomian Indonesia.

Seminar ini mendatangkan pengamat perminyakan Dr. Kurtubi (Direktur Center for Petroleum and Energy Economics Studies) dan juga dari dosen UMM: Dr. RD. Jatmiko dan Dr. Asep Nurjaman. "Kebijakan harga BBM yang diserahkan kepada mekanisme pasar persaingan sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 28 ayat 2 UU Migas No. 22/2001 sudah dinyatakan tidak berlaku oleh MK dalam keputusannya atas Judicial Review UU. No. 22/2001 pada tahun 2004. oleh karena itu, maka acuan kebijakan harga BBM dan perhitungan besaran subsidi BBM seyogyanya mengacu pada biaya pokok BBM, bukan harga pasar" ucap Dr. Kurtubi.

Mahasiswapun beraneka ragam menanggapi kenaikan BBM, ada yang setuju-setuju saja, ada pula yang dengan tegas menyatakan tidak setuju. bahkan beberapa mahasiswa juga berencana melakukan DEMO apabila harga BBM jadi naik. (ud/iesp)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image