Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang

PROFIL PENGURUS

Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu program studi di antara empat program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Visi, Misi dan tujuan program Studi mengacu pada Fakultas dan Universitas. Kurikulum berbasis kompetensi yang ada dirumuskan untuk mencapai target Visi, Misi dan Tujuan tersebut. Struktur organisasi program studi terdiri dari Ketua dan Sekretaris Program Studi yang dilengkapi unsur pelaksana program studi yaitu Kepala Laboratorium, Koordinator Minat/Konsentrasi, tenaga Perpustakaan, Koordinator Penelitian & Pengabdian Masyarakat dan Tata Usaha.

        Jumlah dosen program studi sebanyak 31 orang (terdiri dari 23 orang Dosen Tetap Program studi, dan 8 orang Dosen Tidak Tetap). Berdasarkan jenjang pendidikannya terdiri dari  1 orang Profesor, 6 orang Doktor (5 orang tetap dan 1 dosen Tidak Tetap, 24 orang lulusan strata 2, dengan jumlah mahasiswa aktif pada tahun akademik 2015/2016 sebanyak 320, rasio dosen dan mahasiswa adalah 1 : 10.

     Suasana akademik sangat kondusif dengan fasilitas milik sendiri dan seluruh aktivitas proses belajar mengajar (PBM) berlangsung lancar. Sarana dan prasarana sangat lengkap, sehingga sangat mempengaruhi kegiatan PBM. Dosen-dosen yang mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang masing-masing dan mempunyai pengalaman yang memadai, sehingga penerapan strategi dan metode mengajar sudah baik. Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan perkuliahan dan aktivitas intra maupun ekstra kampus. Sistem evaluasi akademik telah dilakukan melalui Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA) Universitas Muhammadiyah Malang dan Program Studi.

           Rekruitmen mahasiswa baru sudah dilakukan melalui sistem yang baik yaitu dengan tes tertulis berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris serta test wawancara. Rekruitmen dilakukan di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT-PMB) Universitas Muhammadiyah Malang. Namun yang menjadi persoalan calon mahasiswa baru program studi Ekonomi Pembangunan cenderung menurun.

        Kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa sudah banyak, baik yang didanai Universitas, DIKTI maupun dari lembaga instansi lain.   Hasil penelitian diseminarkan dan dipublikasikan melalui jurnal ilmiah maupun http://digilib.umm.ac.id. Kegiatan pengabdian pada masyarakat juga sudah baik, baik yang didanai oleh internal UMM, DIKTI maupun kerjasama dengan DIKNAS dan Menpora.

      Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, program studi Ekonomi Pembangunan menggunakan fasilitas teknologi informasi yang disediakan oleh universitas, yaitu dalam bentuk akses internet dan intranet. Melalui akses internet ini, telah dilakukan sentralisasi pengelolaan administrasi akademik yaitu dengan program Manajemen Administrasi Akademik (MAA). Dengan menggunakan MAA tersebut pelayanan administrasi akademik dapat ditingkatkan. Selain itu juga ada fasilitas digital library yang memudahkan  pencarian informasi ilmiah dari beberapa sumber perguruan tinggi yang tergabung dalam Indonesian Digital Library Network (IDLN).

         Dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan program studi Ekonomi Pembangunan, strategi yang dilaksanakan adalah : 

  1. Mengembangkan secara optimal laboratorium jurusan dalam rangka menghasilkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan kompetetif dibidang Industri dan Perbankan serta Perencanaan Pembangunan.
  2. Perbaikan secara berkelanjutan aktifitas pengajaran-pembelajaran melalui pengembangan dan evaluasi kurikulum, pengembangan metodik pengajaran dan pembelajaran yang berbasis pemanfaatan multimedia dan  kemapanan pengukuran kualitas akademik serta adanya jaminan kualitas mutu akademik.
  3. Peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pengembangan keahlian entrepreneur, perbaikan dan kelancaran berbahasa inggris, mengintensifkan kegiatan ko-korikuler dan meningkatkan keterlibatan dalam event-event regional  nasional dan aktifitas ilmiah internasional.
  4. Meningkatkan kapabilitas dan komitmen staff/dosen melalui inovasi pendidikan akademik dan peningkatan kompetensi keilmuan melalui peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat ,kinerja laboratorium jurusan serta studi lanjut.
  5. Menguatkan fasilitas kinerja laboratorium dan perpustakaan untuk mendukung penguatan secara profesional keahlian dibidang industri dan perbankan serta perencanaan pembangunan.
  6. Meningkatkan kualitas mahasiswa dengan mengundang, mengirim mahasiswa yang berkualitas pada berbagai event, baik regional maupun nasional.
  7. Memperbaiki dan meningkatkan kemampuan akademik profesional dengan mendatangkan bantuan teknik yang memadai, melakukan serangkaian sarasehan konferensi, seminar dan workshop dan meningkatkan sejumlah media publikasi.
  8. Meningkatkan penguatan relevansi melalui kolaborasi antara Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan sektor swasta dan sector lainnya melalui pengembangan aktifitas profesional, on the job training, aktifitas-aktifitas pelatihan secara bersama dan melanjutkan pendidikan alumni.
  9. Secara aktif dan progresif mencari sumber-sumber dana eksternal guna peningkatan kualitas efektifitas pembelajaran dan penelitian dosen yang berkolaborasi dengan instansi eksternal, serta melibatkan mahasiswa dalam sejumlah penelitian dan pengabdian dosen.
Shared: