Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil


 

PROFIL JURUSAN ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN

 

Program Studi Ekonomi Pembangunan berdiri sejak 05 Februari 1986 berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0502/0/1986 dengan status “terdaftar”. Kemudian dalam perjalanan waktu terjadi perubahan status menjadi “Diakui” dengan Surat Keputusan Nomor: 177/ Dikti/Kep./1993, dan sejak tahun 1995 berubah statusnya menjadi “Disamakan” dengan Surat Keputusan Nomor: 149/ Dikti/Kep./1995. Proses dan status akreditasi Program Studi didapat pada tanggal 11 Agustus 1998 dengan surat keputusan Nomor: 01164/AK-I-I/ UMM.IEP/VIII/1998 dengan nilai “B”. Akreditasi terakhir pada tahun 2014 dengan nilai B berdasar keputusan BAN-PT No. 003/BAN-PT/Akred/S1/X/2014 yang akan berakhir pada 09 Januari Oktober 2019.   

Sejak  Program Studi ini berdiri sampai tahun 2011, telah mengembangkan dua konsentrasi/minat yaitu Konsentrasi Perencanaan Pembangunan dan Konsentrasi Keuangan Perbankan & industri. Pelaksanaan kedua konsentrasi tersebut tetap berpijak pada visi, misi, tujuan, dan sasaran- sasaran  yang hendak dicapai oleh Prodi. Visi dan Misi Prodi tersebut merupakan derivasi dari visi dan misi UMM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Oleh karena itu pengelolaan program studi didasarkan pada kerja keras, profesional, amanah serta tetap menegakkan etika akademik.

 

Visi

Menjadi jurusan terkemuka pada tahun 2020 dalam pengembangan ilmu ekonomi pembangunan berbasis jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan nilai-nilai Islam.

Misi

Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ilmu ekonomi   pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.

2. Menyelenggarakan penelitian ilmu ekonomi di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan, baik penelitian dasar maupun terapan.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.

Tujuan

Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang adalah :

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri  yang didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengenali, menganalisis dan memberikan pemecahan masalah ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri

3. Menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi, berkomunikasi dan mendayagunakan Teknologi Informasi dalam penerapan ilmu ekonomi, perencanaan pembangunan, keuangan perbankan dan industri  di masyarakat.

4. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara profesional, mandiri, kreatif dan inovatif, serta tanggap terhadap perubahan lingkungan dan sosial.

 

Program Studi (PS)
:
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (Ekonomi Pembangunan)
Jurusan
:
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (Ekonomi Pembangunan)
Fakultas
:
Ekonomi
Perguruan Tinggi
:
Universitas Muhammadiyah Malang
Tahun Berdiri
:
1986
Nomor SK Pendirian
:
0502/0/1986
Tanggal SK
:
28 Juli 1986
Penjabat Penandatangan SK
:
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Alamat
:
Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang
Website
:
Ketua Jurusan
:
Zainal Arifin, SE., M.Si
Sekretaris Jurusan
:
Hendra Kusuma, SE., M.S.E

 Read more>>>

Shared: